Setiap hari karyawan Anda terlihat sangat sibuk, laporan menumpuk, tapi kenapa ya sepertinya tidak ada progress yang berarti di bisnis travel umrah & haji Anda? Tim CS Anda memang kelihatan sibuk melayani pelanggan, tapi Anda tidak benar-benar mengetahui apa yang dikerjakan, tujuan yang mau dicapai apa, seberapa bagus pelayanannya, dll. Itu semua karena Anda tak memiliki dan menerapkan KPI (Key Performance Indicator) di bisnis Anda, sehingga tidak tahu efektifitas kerja tim Anda.
Sekarang ini banyak bisnis travel umrah dan haji yang berjalan begitu saja tanpa menggunakan ukuran yang jelas. Bukan cuma CS, Anda juga tidak bisa mengukur seberapa efektif performa tim Sales & Marketing Anda. Divisi lainnya juga, seperti tim keuangan, tim pergudangan, dan tim lapangan (pelaksana pemberangkatan) butuh KPI untuk mengukur performa tim Anda. Tanpa adanya KPI, Anda hanya akan mengira-ngira terhadap apa yang sedang terjadi di bisnis travel Anda.
Pentingnya KPI untuk Bisnis Travel Umrah dan Haji
KPI (Key Performance Indicator) adalah indikator atau metrik yang dipakai untuk mengukur kinerja suatu aktivitas bisnis terhadap tujuan strategis yang telah ditetapkan. KPI membantu organisasi mengetahui apakah mereka berada di jalur yang benar untuk mencapai targetnya, atau perlu mengadakan evaluasi dan perbaikan.
Menurut Bernard Marr, seorang pakar strategi bisnis dan penulis buku “Key Performance Indicators: The 75 Measures Every Manager Needs to Know”, KPI adalah:
"Tools to track progress against strategic goals and objectives."
Harvard Business Review (HBR) menyatakan bahwa:
“KPI tells you whether you’re on track to meet your goals.”
(Sumber: Harvard Business Review – hbr.org)
Jadi, KPI bukan hanya angka, tapi merupakan kompas kinerja — alat bantu yang menunjukkan apakah suatu unit kerja, proyek, atau bisnis berjalan secara efektif atau tidak.
Contohnya di bisnis travel umrah haji, Anda dapat mengukur KPI di Sales & Marketing dengan menentukan KPI yang relevan yaitu jumlah paket umrah yang terjual tiap bulan. Anda harus bisa mengukur efektifitas promosi yang dikerjakan oleh tim marketing, sales internal, dan agen-agen di travel Anda.
Contoh lainnya adalah untuk staff CS/Admin operasional yang melayani jamaah, Anda bisa menetapkan KPI berupa berapa waktu rata-rata pelayanan hingga penginputan data pemesanan paket umrah. Anda bisa mengukur efisiensi kerja staff administrasi dengan membuat tolok ukur seberapa lama pelayanan pemesanan, pembayaran, manifest jamaah, pengumpulan dokumen, pemberian perlengkapan, dll.
Nah, kebayang kan? Semuanya dapat Anda ukur sehingga bisnis Anda dapat dikelola dengan baik!
Dampak Negatif Jika Bisnis Travel Umrah Haji Tidak Memiliki KPI
Jika di travel umrah Anda tidak mempunyai KPI, maka :
- Tidak tahu apakah karyawan perform atau tidak
Sulit menentukan apakah tim sudah bekerja sesuai dengan standar penilaian, bukan asal jalan saja
- Pemborosan waktu dan tenaga tidak terdeteksi
Pekerjaan yang tak ada standarnya misal durasi, ketercapaian, dll maka tak akan bisa dideteksi apabila ada pemborosan waktu & tenaga. Pekerjaan yang semestinya selesai 1 jam, malah diselesaikan 3 jam lebih!
- Semua kerja terasa “sibuk” tapi hasilnya tidak jelas
Buka tab di laptop sangat banyak, tapi ternyata bingung mau mengerjakan apa seharian! Nah, sangat penting untuk menjaga agar tim Anda tetap pada jalur menuju goal perusahaan
- Sulit evaluasi dan perbaikan kerja
Tim kesulitan menerima evaluasi dan saran perbaikan kerja dari atasan, karena merasa telah bekerja keras & maksimal. Padahal jika diukur KPI-nya, kualitas pekerjaannya masih jauh dari kata standar
- Motivasi tim jadi menurun karena tak ada tolok ukur keberhasilan
Tim yang sudah bekerja dengan kualitas baik tidak mendapat apresiasi yang pantas, sedangkan tim yang kerjanya asal-asalan juga tidak mendapat peringatan atau evaluasi. Ini bisa menimbulkan kecemburuan dan penurunan motivasi karena reward & punishment-nya tidak terukur
Dampak Positif Ketika Travel Umrah dan Haji Memiliki KPI
- KPI sebagai kompas kerja: semua orang tahu arah, target, dan cara mencapainya
Jangan buang waktu & tenaga untuk hal-halhal yang tidak sesuai dengan arah & target bisnis travel Anda!
- Efisiensi meningkat karena hanya fokus pada hal yang berdampak
Rasakan perubahan setelah Anda memiliki dan menerapkan KPI di bisnis travel umrah Anda, kinerja tim Anda makin efisien!
- Penilaian kerja menjadi objektif dan berbasis data
Tidak ada lagi penilaian berdasarkan kira-kira, semua terdata & terukur secara rapi dan dapat dipertanggungjawabkan
- Travel lebih siap tumbuh dan berkembang dengan sistem profesional
Buat bisnis Anda siap melesat dengan penerapan KPI
Webinar Spesial: Belajar Menyusun & Mengukur KPI untuk Travel Umrah & Haji
Jadi, sudah siap menerapkan KPI di bisnis travel Anda?
Bagi Anda yang masih bingung gimana sih cara menyusun & menggunakan KPI untuk membangun budaya kerja yang terukur supaya bisnis travel umrah Anda semakin maju, Erahajj Academy akan menyelenggarakan webinar eksklusif dengan tema :
Memahami Peran KPI Untuk Membangun Budaya Kerja Terukur
Bagi Travel Umrah & Haji
bersama
Ryan Martian (HR Expert, Business Consultant, & Leadership Coach)
& Baharudin Yusuf (Business Owner Erahajj Group)
Di sini, kita akan berdiskusi tentang :
- Strategi bisnis travel bertumbuh dengan kinerja yang terukur
- Memastikan performa tim sesuai tujuan & target perusahaan
- Memahami peran KPI agar penilaian terhadap tim tetap objektif
Catat tanggalnya!
Senin, 28 April 2025
13:30 - 15:30 WIB
Live via Zoom & Youtube
“KPI bukan hanya alat ukur, tapi fondasi bisnis yang sehat dan tumbuh.”
Segera daftarkan diri Anda melalui tautan berikut ini :
Hubungi CP di bawah ini untuk informasi webinar selengkapnya!
Contact Person :
0812 9695 2901 (Annisa)