Efek Digital Marketing yang Tak Tepat pada Bisnis Biro Umrah - Apabila Anda telah berkomitmen agar mengembangkan pemasaran produk travel umrah Anda melalui jalur digital marketing, maka Anda harus menambahkan pengetahuan Anda di bidang ini.
Sebab, tanpa adanya informasi / ilmu yang cukup terkait digital marketing, salah-salah aktivitas pemasaran digital Anda malah bisa menghancurkan bisnis Anda.

Penerapan digital marketing yang tak pas, akan berdampak pada penurunan penjualan, bahkan dapat merusak branding yang telah Anda bangun sekian lama. Tak mau, kan, mengalaminya?
Baca Juga : Strategi Membangun Brand Awareness Bagi Perusahaan Travel Umrah
Digital Marketing yang Tidak Tepat
Berikut ini akan kami jabarkan berbagai macam penerapan pemasaran digital yang kurang sesuai, yang justru dapat membuat usaha Anda mengalami kebangkrutan.
Pemasaran Tidak Sesuai Target Market
Ketika merancang konten untuk kepentingan digital marketing, perusahaan Anda dituntut agar mengenali target market Anda terlebih dahulu. Anda bisa menyesuaikan konten apabila Anda tahu persis target market produkatau jasa yang Anda tawarkan.
Apabila Anda membidik pasar menengah atas, maka Anda perlu membuat konten ekslusif yang mampu menarik atensi sasaran market Anda. Anda bisa memasang harga yang tinggi, asalkan ada manfaat yang ditawarkan.
Sebaliknya, jika Anda memiliki produk yang sesuai dengan pasar menengah ke bawah, Anda harus membuat iklan / promosi yang berbeda. Misal dengan memasang kata-kata seperti hemat, murah, hadiah, dan sebagainya.
Penawaran & Permintaan Tidak Sinkron
Anda harus paham mengenai hukum penawaran & permintaan, agar Anda tidak membuat penawaran produk yang permintaannya rendah. Usahakan apa yang Anda jual adalah produk yang diinginkan oleh masyarakat.
Jika Anda mempunyai penawaran yang sangat baik, namun permintaannya tidak ada contoh, harga terlalu mahal / tujuan wisatanya tak familiar di kalangan jamaah, maka Anda melakukan hal yang menguras waktu & biaya.
Sebaiknya, Anda kenali terlebih dahulu selera pasar, baru Anda sediakan penawaran produk paket umrah yang sesuai dengan permintaan pasar.
Baca Juga : Menerapkan Metode Eksperiental Marketing Untuk Usaha Travel Umrah
Kegagalan Branding Perusahaan
Apabila Anda melakukan branding secara asal-asalan, Anda hanya akan menuai kegagalan mengenalkan perusahaan Anda pada masyarakat.
Misalnya, tidak konsisten dalam brand identity, memakai bahasa informal kepada jamaah yang serius, mengubah-ubah diskon sesuka hati tanpa ada ketentuan yang jelas, dan juga merekrut SDM yang tak profesional sehingga nama perusahaan Anda dipertaruhkan.
Website Perusahaan Berantakan
Website ibarat etalase toko yang memuat profil perusahaan dan jualan Anda. Anda tidak mungkin membiarkan etalase Anda dalam kondisi berantakan, sementara calon pembeli Anda lalu lalang melihat etalase Anda tersebut.

Usahakan agar mengatur website Anda dengan baik, gunakan tampilan yang simple, mudah dipahami konsumen, dan rapi. Anda harus mau menginvestasikan sejumlah dana, waktu, & tenaga guna membuat tampilan website perusahaan yang bagus.
Baca Juga: Mengoptimalkan Konversi Penjualan Paket Umrah Via Website
Ketidaksesuaian Iklan dengan Landing Page
Seringkali, pemasar digital memakai iklan berbayar guna mendongkrak penjualan. Baik itu di FB Ads, IG Ads, Google Ads, & media iklan lainnya di internet, umumnya diarahkan agar mengunjungi landing page untuk meyakinkan jamaah melalui copywriting untuk berujung closing penjualan.
Sayangnya, masih ada saja pembisnis travel umrah yang lalai terhadap hal penting ini, yaitu ketidaksesuaian antara iklan yang dipasang dengan landing page tempat closing penjualan.
Jika Anda memasang iklan umrah hemat, ya jangan tawarkan umrah plus-plus di landing page Anda. Sama saja Anda menjual produk bernilai jual tinggi ke konsumen yang biayanya terbatas.
Akhirnya iklan Anda akan sia-sia, tidak berujung pada penjualan. Sayang sekali, bukan?
Rumit Saat Check Out
Nah, ini juga tidak kalah penting. Sebagus apapun sebuah produk, seberminat apapun pelanggan terhadap produk yang Anda jual, akan tetapi untuk proses check out-nya dibuat rumit, maka Anda akan cepat kehilangan pelanggan potensial.

Untungnya, saat ini ada sistem aplikasi khusus travel umrah yang mempunyai fitur transaksi yang gampang dan user friendly. Konsumen yang akan memesan travel umrah hanya perlu 3 langkah mudah yang dapat membuat pengalaman pelanggan saat mendaftar umrah menjadi menyenangkan.
Budget Besar Hasil Tidak Sebanding
Terakhir, saat menjalani digital marketing, sebenarnya Anda bisa menghemat banyak dana untuk beriklan. Dengan pasar yang begitu luas, Anda hanya membayar beberapa hal saja seperti berlangganan software khusus travel umrah dan iklan.
Namun, ada saja pebisnis travel umrah yang kurang berpengalaman yang masih mengeluarkan banyak dana-dana yang tidak perlu untuk digital marketing. Budget besar tersebut kadang tak menghasilkan penjualan yang besar, profit yang didapatkan pun tidak sepadan.
Solusi Digital Marketing Bagi Bisnis Travel Umrah
Kini saatnya Anda beralih pada solusi digital marketing bagi bisnis travel umrah Anda. Anda bisa berinvestasi cerdas dengan mengalokasikan dana hanya sekitar 500 ribu hingga 2 juta rupiah per bulan untuk membuat percepatan bisnis travel umrah Anda dengan berlangganan software Erahajj.
Nikmati kemudahan mengelola transaksi dan manajemen perusahaan travel umrah dengan Erahajj. Tak sampai di situ, kami juga sudah hadir versi mobile apps untuk kemudahan bertransaksi kapan saja dan dimana saja. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.