Mari, pandai mengelola bisnis travel umrah!
Baru-baru ini, kejadian penipuan calon jamaah umrah PT Damtour sedang hangat dibicarakan di media massa. Kasus penipuan yang merugikan calon jamaah hingga milyaran rupiah tersebut cukup menyita perhatian.
Pasalnya, hanya bermodal promo umrah murah, calon jamaah dengan gampang tertarik ajakan rayu para agen Damtour sehingga mereka secara sukarela menyerahkan sejumlah uang ke perusahaan yang berlokasi di Depok Jawa Barat ini. Dalam kurun waktu 2011 hingga 2018 tidak kurang dari 200 jamaah tidak berhasil berangkat dengan nilai kerugian sejumlah 4 milyar rupiah!

Mengapa hal seperti ini berulang kali terjadi?
Dari sisi calon jamaah, mereka hanya tergiur “harga murah” atau bundling penawaran menarik dari agen biro umrah yang mereka percayai untuk mengurus keberangkatan umrah mereka. Mereka justru tak tahu, dengan membayar uang muka sekian juta tersebut, apakah mereka benar-benar akan berangkat atau tidak. Tahu-tahu sudah banyak jamaah yang terlanjur menyetorkan uang muka, kemudian dengan mudahnya pemilik travel membawa kabur uang calon jamaah umrah.
Dari sisi pengusaha travel umrah sendiri, ketiadaan sistem yang jelas & teroganisir untuk manajemen data, keuangan, dan layanan lainnya mengakibatkan travel umrah bisa jadi lahan kecurangan orang-orang yang tak jujur. Sistem yang tak rapi juga membuka celah bagi karyaawan yang tak loyal kepada perusahaan untuk menyalahgunakan dana calon jamaah, sehingga walaupun pemilik bisnis sendiri sudah berusaha untuk amanah, mereka bisa terkena imbasnya juga.

Sebenarnya, kasus penipuan semacam ini bisa dihindari dengan cara mencari perusahaan travel umrah yang memiliki sistem manajemen perusahaan yang baik & transparan. Hal ini kurang memungkinkan jika perusahaan travel umrah masih menggunakan sistem manual, karena jamaah tak bisa mengetahui progres keberangkatan umrah mereka secara realtime. Lebih susah lagi apabila jamaah yang mendaftar hanya tahu informasi dan akses ke travel umrah hanya melalui personal dengan menghubungi nomor kontak agen (melalui whatsapp misalnya), mereka tak dapat mengecek sendiri ke kantor perwakilan agen travel umrah atau melalui website resmi travel umrah tersebut.
Berbeda jika bisnis biro umrah sudah memakai sistem manajemen yang baik, apalagi sudah berbasis website sehingga calon jamaah lebih percaya kepada perusahaan travel umrah yang Anda operasikan. contohnya saja dari sisi pengurusan visa, pembayaran, dan kepastian jadwal pemberangkatan.
apaila jamaah dapat mengecek secara langsung menggunakan web, maka mereka akan merasa tenang dan nyaman menyerahkan dana dan pengurusan kelengkapan untuk umrah. Pengelolaan secara profesional juga akan meningkatkan kepercayaan jamaah umrah, sehingga bisa jadi mereka akan menjadi agen pemasaran gratis bagi perusahaan Anda dengan testimoni kesenangan mereka.

Erahajj menawarkan solusi bagi usaha travel umrah Anda agar bisa menjadi agen travel umrah yang profesional & amanah dengan mengurus semua data jamaah, sistem pembayaraan, sistem persediaan, layanan pengurusan visa, layanan pemesanan tiket transportasi & pemesanan kamar hotel, & sebagainya secara real time.
Jadi, pada saat pertama kali calon jamaah mendaftar, hingga kepulangannya, bisa dicek progresnya dalam satu sistem aplikasi yang terintegrasi. Tentunya ini akan memudahkan Anda sebagai pengelola, juga memudahkan jamaah yang ingin mengetahui perkembangan umrah mereka. Sangat mudah, cepat, akurat dan juga hemat biaya.
Menjadi perusahaan yang amanah adalah tujuan dari semua perusahaan, seperti halnya cara berbisnis yang dicontohkan oleh Rasulullah. Berbisnis dengan profesionalisme akan menghasilkan keberkahan dalam berbisnis, bukan hanya sekedar keuntungan dan kerugian. Jadi, mulailah meraih kepercayaan pelanggan Anda dengan menyediakan layanan umrah dan haji yang profesional dengan menggunakan sistem aplikasi travel umrah yang profesional seperti Erahajj.