Pentingnya Sistem Customer Relationship Management/CRM Bagi Bisnis Travel Umroh - Bagi Anda yang mempunyai bisnis travel & travel umroh, Anda mungkin sedang memikirkan bagaimana cara strategis untuk menjadikan bisnis Anda bertahan di masa pandemi Covid-19 ini. Menjadikan bisnis Anda selalu bertahan dapat dimulai dengan cara menjaga pelanggan agar loyal kepada travel Anda.
Jadi, nanti ketika umrah dibuka kembali, Anda sudah siap untuk melayani pelanggan. Namun, melayani pelanggan yang masih belum pasti akan menggunakan layanan, tidak dapat dilakukan tanpa adanya database & sarana komunikasi. Anda dapat tetap menjalin hubungan dengan pelanggan dalam artian jamaah umrah Anda bila travel Anda menerapkan manajemen hubungan terhadap jamaah dengan baik.
Kabar gembiranya, Erahajj Indonesia kini memiliki fitur sistem Customer Relationship Management/CRM yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah travel mengelola hubungannya dengan pelanggan secara lebih baik. Anda dapat mempertahankan jamaah lama Anda sambil terus menebar jala untuk mendapat kepercayaan jamaah baru. Hal ini dapat diakomodir menggunakan sistem Erahajj, sehingga data yang sudah ada, ditambah data baru yang dikelola dengan baik akan menghasilkan benefit dikemudian hari.
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels
Sebelum membahas lebih lanjut tentang sistem CRM dari Erahajj, kami akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian & manfaat dari sistem CRM/Sistem Manajemen Pelanggan bagi bisnis travel Anda.
Pengertian CRM
Secara singkat CRM merupakan suatu strategi manajemen hubungan pelanggan yang akan membuat bisnis Anda lebih dekat dengan pelanggan maupun calon pelanggan dengan bermodalkan database pelanggan dan juga hasil rekaman interaksi tenaga penjual dan pelanggan Anda. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem yang dinamakan sistem Customer Relationship Management/CRM agar Anda dapat selalu memantau aktivitas staff Anda dalam melayani pelanggan & sejauh mana calon pelanggan bisa menjadi prospek dalam bisnis Anda.
Manfaat CRM bagi Travel
Anda pasti penasaran, mengapa saat ini hampir semua usaha bisnis sangat membutuhkan CRM/Customer Relationship Management untuk kelangsungan usaha bisnis mereka. Ya, tidak lain karena kunci dari kesuksesan perusahaan adalah dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan mengelola pelanggan yang baru saja datang ke perusahaan Anda.
Misalnya di perusahaan travel atau travel umroh Anda mempunyai pelanggan loyal (atau jamaah), maka Anda perlu sekali membangun kedekatan dengan pelanggan Anda. Karena, dengan hubungan yang baik tersebut, bisa jadi pelanggan Anda tersebut akan menjadi tenaga marketing “gratis” Anda dengan rekomendasi dari mulut ke mulut.
Jika pelayanan Anda baik, maka mereka tidak akan segan merekomendasikan pelanggan lainnya untuk menggunakan jasa travel Anda. Jika pelayanan Anda buruk, maka mereka juga akan menghambat perusahaan Anda berkembang, karena mereka akan menghalangi pelanggan lainnya untuk menggunakan jasa perusahaan Anda. Sangat disayangkan, padahal Anda dapat mengelolanya dengan baik menggunakan sistem CRM/Customer Relationship Management.
Selain itu, Anda juga akan dapat menggolongkan pelanggan berdasarkan label tertentu. Contohnya, pelanggan A ini adalah pelanggan potensial yang perlu follow up lebih intens. Sedangkan pelanggan B adalah pelanggan yang kurang potensial, sehingga hanya perlu diberikan follow up Sekadarnya. Beda lagi dengan pelanggan C, yang sudah pernah menggunakan jasa Anda, maka perlu perlakuan khusus yang berbeda dengan pelanggan baru.
Semua itu hanya mungkin dilakukan bila Anda memakai sistem CRM/Customer Relationship Management, yang bisa merekam database dan aktivitas pelanggan Anda. Anda juga dapat menentukan strategi marketing yang cocok untuk tipe pelanggan tertentu.
Manfaat lainnya adalah dari sisi internal perusahaan Anda dapat memantau aktivitas staff marketing Anda dalam melakukan pekerjaannya. Ini sangat memungkinkan karena dari catatan follow up kepada pelanggan di sistem CRM, Anda dapat mengetahui sejauh mana mereka melakukan pekerjaannya.
Pada akhirnya, jika hubungan pelanggan dikelola dengan baik, maka akan berdampak pada pendapatan perusahaan. Perusahaan bisa mendapatkan repeat order & juga penjualan dari pelanggan baru.
Nah, itulah manfaat dari Customer Relationship Management/CRM yang bisa Anda peroleh ika Anda menggunakan software khusus Customer Relationship Management/CRM. Kini, Anda dapat memperoleh sistem CRM yang sangat terjangkau hanya dengan berlangganan sistem Erahajj!
Foto oleh Torsten Dettlaff dari Pexels
Sistem Customer Relationship Management/CRM Erahajj Indonesia bisa digunakan pula untuk mengirimkan email dan sms broadcast terjadwal, sehingga Anda bisa lebih leluasa mengirimkan konten promosi & juga artikel bermanfaat untuk pelanggan Anda. Hemat & efisien, sehingga Anda tidak perlu lagi satu persatu mengirimkan email secara manual kepada pelanggan.
Tertarik untuk menggunakan CRM dari Erahajj Indonesia? Yuk, langsung saja hubungi kami di sini untuk informasi selengkapnya. Semoga bermanfaat!