Menggunakan pendekatan emosional untuk pemasaran bisnis travel umrah kini dapat dilakukan dengan cara menerapkan psikologi marketing. Apa sih, sebenarnya psikologi marketing itu?
Mendalami Psikologi Marketing
Psikologi marketing merupakan pemahaman tentang bermacam-macam motif yang mempengaruhi emosi konsumen dan pasar pada umumnya untuk memberikan pandangan terhadap suatu produk dan jasa yang ditawarkan oleh penjual. Anda bisa memberikan suatu tindakan yang tepat untuk konsuman Anda dengan cara mengkaji apa saja yang dapat menyentuh emosi mereka agar membeli produk Anda.Psikologi marketing ini juga dapat digunakan sebagai strategi marketing bisnis travel umrah Anda. Sebagai pebisnis travel umrah, Anda perlu menjadi leader dan juga menyiapkan tim yang dapat mendukung strategi pemasaran menggunakan teknik psikologi marketing ini.
Konsep Psikologi Marketing
Secara umum, menurut Dr. Robert Cialdini dalam bukunya yang berjudul Influence : The Psychology of Persuation, konsep strategi marketing adalah sebagai berikut:
- Timbal balik. Dalam hubungan intrapersonal, seseorang akan melakukan hal yang sama dengan apa yang ia terima dari orang lain. Kita biasanya bertindak sesuai dengan perlakuan yang kita dapatkan dari orang lain. Layani jamaah dengan baik, maka Anda akan mendapatkan feedback yang baik dari jamaah Anda.
- Komitmen. Setiap jamaah tentu menginginkan bekerjasama dengan travel umrah yang jujur, terpercaya, dan profesional. Intinya, jangan suka memberikan janji bila tidak bisa memenuhi. Menjaga komitmen sangat penting untuk meraih kepercayaan pelanggan Anda.
- Jaga wibawa. Biasanya, seseorang akan patuh kepada orang yang ia jadikan figur ideal. Anda bisa menerapkannya dengan selalu menjaga wibawa Anda sebagai pemilik bisnis, sehingga timbul rasa segan atau sungkan dari para jamaah kepada Anda. Nilai plusnya, Anda bisa mengajak pelanggan membeli produk Anda lebih mudah bila Anda punya otoritas untuk memberikan saran dan informasi.
- Jadilah terkenal. Jaga reputasi bisnis travel umrah Anda sedemikan rupa sehingga jamaah Anda akan membicarakan sisi positif dari brand Anda. Rekomendasi inilah yang biasanya bisa menghasilkan penjualan lebih banyak dari yang Anda duga, tanpa Anda harus berusaha keras untuk melakukan promosi.
Penerapan Psikologi Marketing Untuk Pemasaran Bisnis Travel Umrah
Setelah memahami tentang psikologi marketing, saatnya kita bahas terkait penerapan psikologi marketing untuk pemasaran bisnis travel umrah.
Pahami Tipe Jamaah Anda
Ada beberapa tipe jamaah yang Anda perlakukan sesuai dengan karakter mereka. Pertama, ada pelanggan yang sangat perhitungan. Mereka umumnya merupakan golongan orang yang tidak mau membuang uang hanya untuk mendapatkan pelayanan standar. Memberikan promo harga murah dan diskon dapat jadi senjata ampuh untuk menarik tipe jamaah yang satu ini.Kedua, jamaah yang royal dalam berbelanja. Bila Anda menemukan jamaah dengan tipe ini, Anda dapat menjual paket-paket umrah premium, karena mereka tak akan menyesal mengeluarkan uang dalam jumlah banyak asalkan pelayanan Anda maksimal. Ketiga, jamaah yang berada di tengah-tengah. Mereka kadang berpikir rasional untuk mengeluarkan uang, namun bila sudah cocok, mereka akan rela membayar walau harganya mahal. Garansi uang kembali, jaminan kepuasan, cashback bila tidak janji, adalah kata-kata promosi yang cocok untuk mereka.
Sentuh Sisi Emosional Jamaah
Menurut para pakar neuroscience, emosi adalah hal utama yang mempengaruhi pembelian. Maka, Anda harus bisa menemukan sisi emosional calon jamaah Anda. Kemudian, Anda bisa menggunakan pendekatan emosional tersebut untuk menghasilkan penjualan.
Contohnya, daripada membicarakan tentang harga, cobalah untuk memberitahu jamaah mengenai keuntungan yang mereka dapatkan dari paket umrah yang Anda miliki. Bisa juga Anda menggunakan "umrah bersama seleb/ustad yang berpengaruh" agar membuat jamaah Anda merasa perlu mengikuti paket tour umrah tersebut. Nilai plus yang Anda tawarkan dapat membangkitkan emosi jamaah, sehingga mereka mau membeli tanpa melihat harga yang Anda banderol.
Mainkan Adrenalin Pelanggan
Orang umumnya akan bertindak tidak rasional saat mendekati last minute. Membuat promo terbatas waktu merupakan cara ampuh untuk memainkan adrenalin jamaah. Buat mereka "takut ketinggalan" bila tidak segera melakukan pemesanan paket umrah promo tersebut.
Psikologi Respirokal
Cara kerja psikologi respirokal adalah sebagai berikut: jika kita diberi sesuatu, maka kita akan sulit menolak tawaran di kali kedua. Misalnya ketika jamaah datang mencari informasi tentang paket umrah ke kantor Anda, berilah gimmick seperti makan siang gratis, snack/minuman ringan, merchandise, atau yang lainnya. Pemberian cuma-cuma ini akan membuat calon jamaah merasa harus untuk membalas yakni dengan membeli paket umrah Anda di saat mereka memutuskan akan membeli, alih-alih menggunakan jasa biro travel umrah yang lain.Anda bisa menambahkan pemberian berikutnya semisal saat jamaah mendaftar, Anda berikan voucher potongan harga yang bisa dibagikan kepada keluarga/sanak famili mereka yang juga akan berangkat umrah. Berapapun yang Anda berikan tidak masalah, mereka akan menghargai pemberian Anda. Nah, itulah metode psikologi marketing yang bisa membuat pemasaran bisnis travel umrah Anda makin berkembang. Anda juga dapat meningkatkan pemasaran Anda dengan menggunakan sistem aplikasi terintegrasi khusus travel umrah, yang bisa mendukung bisnis Anda lebih maju. Semoga bermanfaat.