Penerimaan barang perlengkapan seperti koper, buku manasik, mukena, pakaian seragam dan lain-lain untuk jamaah dari travel umrah adalah salah satu pelayanan yang pasti dilakukan di travel umrah. Aktivitas ini terbilang cukup penting, karena pelanggan harus dipastikan menerima kelengkapan barang penunjang umrah mereka, agar ibadah mereka lancar di tanah suci. Travel sudah seharusnya melayani dengan cermat kebutuhan jamaah, sehingga jamaah bisa menerima hak mereka sesuai dengan yang dibutuhkan serta sesuai dengan paket umrah yang mereka beli.
Masalahnya, penerimaan barang ini bisa menjadi cukup rumit jika tim Anda tak mempunyai kontrol untuk mengecek apakah customer sudah menerima barang yang sesuai dan seharusnya mereka terima atau belum. Bisa jadi, jamaah mendapatkan barang yang kurang sesuai, menerima barang yang seharusnya tidak mereka terima, atau justru belum menerima barang yang seharusnya diterima karena persediaannya tidak ada.
Ketika travel umrah Anda masih menggunakan cara manual, tentunya hal ini akan menyulitkan admin untuk mengecek penerimaan barang, karena harus mengkonfirmasi satu per satu ke pelanggan maupun ke bagian gudang. Prosesnya juga akan jadi panjang dan rumit, jika pencatatan penerimaan ini tidak langsung terhubung dengan data jamaah dan data gudang.
Oleh sebab itu, Erahajj menghadirkan update sistem terbaru, di mana tim Anda dapat melakukan pencatatan penerimaan barang sesuai dengan kondisinya. Adakalanya, pelanggan tidak berhak menerima barang karena disesuaikan dengan fasilitas paket yang mereka ambil. Maka, Anda dapat mencatatkan penerimaan barang kelengkapan dengan label “Tidak Menerima” pada data penerimaan barang.
Di fitur sebelumnya, label “Tidak Menerima” ini belum disediakan. Kini, Anda bisa menambahkan label tersebut pada kolom keterangan penerimaan barang sehingga data yang Anda input bisa dicatatkan secara akurat sesuai dengan kondisi masing-masing pelanggan.
Anda dapat mengubah data penerimaan kelengkapan pada menu Manajemen Administrasi > Manajemen Transaksi > Paket Umrah > Data Transaksi.
Pada data transaksi yang ingin Anda ubah, klik menu Opsi > Detail Transaksi > Tab Penerimaan Kelengkapan > Status Penerimaan > Tidak Menerima. Sesuaikan data penerimaan seperti waktu penerimaan dan tambahkan catatan jika diperlukan, lalu klik Simpan Data.
Selain dapat mengatur data kelengkapan, Anda juga bisa mencetak bukti penerimaan atau mendownload bukti penerimaan dalam bentuk file PDF. Hal ini membantu Anda untuk menyerahkan tanda terima kepada jamaah baik dalam bentuk cetak maupun digital. Anda juga dapat mengunduh data penerimaan perlengkapan dalam satu kelompok dengan format file Excel. Praktis, bukan?
Anda dapat menyimak fitur ini selengkapnya melalui panduan yang sudah kami sediakan pada link berikut ini :
Demikian update fitur dari Erahajj. Jika Anda mau berlangganan fitur Erahajj secara keseluruhan, segera hubungi kami untuk mengaktifkan paket softwarenya! Semoga artikel ini bermanfaat.