Setiap usaha pasti ingin berkembang seiring waktu. Begitu juga dengan bisnis travel umrah. Perlu adanya usaha untuk meningkatkan kualitas produknya bagi pelanggan, agar bisa memberikan pelayanan ibadah umrah yang maksimal. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk meraih kepuasan pelanggan, salah satunya adalah menggunakan manajemen kualitas.
Manajemen kualitas adalah strategi untuk mengupgrade kualitas produk atau layanan, agar produk dan jasa yang dikeluarkan oleh perusahaan lebih terjaga kualitasnya. Selain itu, manajemen kualitas bertujuan untuk menghindari kesalahan pada produk & layanan yang diberikan kepada pelanggan.
Travel umrah memiliki layanan seputar pemberangkatan umrah & haji. Selain itu, ada pula bagian penyediaan produk perlengkapan umrah, jasa pengurusan dokumen, penjualan oleh-oleh umrah & haji, penjualan tiket, serta layanan lain contohnya halal trip. Dengan demikian, banyak hal yang harus betul-betul dijaga kualitasnya, supaya image yang terbentuk bisa membuat pelanggan percaya kepada travel.
Raih Kepercayaan Pelanggan, Bisa Meningkatkan Penjualan
Seperti yang diketahui, bisnis travel umrah mengandalkan kepercayaan jamaah yang memakai jasa perusahaannya. Tak jarang, travel mendapat rekomendasi jamaah baru melalui jalur getok tular para jamaahnya yang merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan travel saat mereka berumrah dengan travel tersebut.
Kekuatan rekomendasi atas dasar kepercayaan jamaah tersebut menjadi modal dasar bagi travel untuk memperbaiki kualitas layanannya. Hal ini bisa dilakukan apabila perusahaan memiliki sistem khusus untuk follow up pelanggan lama, serta sistem untuk manaemen pelanggan baru. Dalam dunia bisnis, hal ini biasanya dikerjakan dengan menggunakan fitur Customer Relationship Management (CRM).
Kuncinya adalah pada data yang dikumpulkan oleh perusahaan. Travel umrah dapat mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebar oleh perusahaan kepada jamaah yang telah berangkat umrah. Melalui hasil kuesioner tersebut, travel dapat menentukan bagaimana cara meningkatkan kualitas layanannya.
Misalnya saja, pelanggan diberi pertanyaan mengenai bagaimana kinerja pembimbing selama di tanah suci. Bisa juga pertanyaan seputar makanan yang diberikan, serta pelayanan secara keseluruhan dari awal berangkat sampai kepulangan.
Suara konsumen tersebut merupakan saran berharga bagi perusahaan supaya manajemen kualitas travel umrah bisa dijalankan secara maksimal. Lalu, bagaimana agar manajemen kualitas ini dapat diimplementasikan pada bisnis travel umrah?
Pemakaian Sistem Digital Travel Umrah untuk Mendukung Manajemen Kualitas Perusahaan
Sistem digital travel umrah adalah solusi bagi travel yang ingin manajemen kualitas perusahaannya dapat diterapkan dengan baik. Penggunaan sistem digital travel dapat memudahkan proses manajemen travel, sehingga kualitas pelayanannya bisa ditingkatkan dari waktu ke waktu.
Travel yang masih mempertahankan sistem konvensional dalam operasional travelnya, pasti akan jauh tertinggal dengan kompetitornya yang sudah beralih ke sistem digital. Bagaimana tidak, ibaratnya travel konvensional masih berjalan kaki atau naik sepeda, sedangkan travel lain sudah melesat menggunakan jet, memanfaatkan teknologi terkini dengan memakai software travel umrah yang lengkap & terintegrasi.
Pastinya, kualitasnya jauh berbeda. Karena, travel yang sudah menggunakan sistem digital bisa menyederhanakan rutinitas bisnisnya, sehingga sebuah pekerjaan yang biasanya bisa ditangani oleh 2-3 orang, kini bisa dikerjakan oleh 1 orang saja. Pekerjaan yang biasanya butuh diselesaikan berhari-hari, kini bisa diselesaikan 1-2 jam saja. Hal ini disebabkan software digital travel yang canggih bisa mengotomatisasi beragam aktivitas berulang yang ada di travel umrah.
Inilah inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh pebisnis travel umrah supaya dapat meningkatkan kualitas travelnya. Apalagi bila sistem digital travel umrah yang mereka pakai memiliki fitur yang lengkap & terintegrasi, sehingga satu sistem saja sudah mencakup seluruh kebutuhan travel dari hulu ke hilir.
Hubungannya dengan manajemen kualitas, sistem digital travel yang memiliki fitur CRM bisa dipakai untuk mempraktekkan strategi manajemen kualitas agar pelanggan makin puas dengan layanan dari travel umrah tersebut.
Kualitas Terjaga, Pelanggan Makin Loyal
Nah, ketika travel sudah menerapkan manajemen kualitas layanannya dengan maksimal, maka tinggal tunggu waktu untuk meraih hasilnya. Sebagai pemilik bisnis travel, pastinya akan terus mencari cara supaya bisnisnya tetap eksis. Salah satunya adalah dengan mempunyai pelanggan yang loyal.
Masyarakat kini tak hanya berumrah sekali, namun bisa berkali-kali. Bahkan sudah menjadi agenda tahunan bagi yang mampu melaksanakan. Belum lagi jika mereka dapat membawa jamaah lain, contohnya pemilik perusahaan yang rutin memberangkatkan umrah karyawannya. Pelanggan seperti inilah yang butuh mendapatkan perhatian supaya dapat dimaksimalkan follow up-nya.
Jadi, sudahkah bisnis travel Anda menggunakan sistem digital travel untuk meningkatkan manajemen kualitas bisnis Anda? Jangan sampai salah pilih ya, pilihlah software travel umrah terlengkap & terintegrasi untuk memaksimalkan bisnis travel umrah Anda!