Pada artikel sebelumnya, Anda sudah mengetahui beberapa Enterprise Resource Planning (ERP) yang bisa membantu Anda dalam mengelola perusahaan. Bisa dibilang, perusahaan yang masih mengelola bisnisnya dengan cara manual akan sangat tertinggal karena saat ini zamannya sudah serba digital.
Bukan hanya tentang manajemen operasional seperti administrasi dan keuangan saja yang harus mendapat perhatian. Anda juga dapat memanfaatkan ERP untuk membantu Anda mengelola karyawan atau SDM yang ada di perusahaan Anda.
Pengelolaan karyawan yang tepat bisa menjadi kunci sukses bisnis Anda. Apabila karyawan Anda bekerja sesuai dengan aturan, maka Anda bisa memaksimalkan performa mereka untuk mencapai tujuan. Manajemen karyawan mencakup hal-hal berikut ini :
Rekrutmen
Mendapatkan talenta-talenta terbaik berawal dari proses perekrutan yang benar. Anda harus mengatur tentang persyaratan calon karyawan yang akan bergabung di perusahaan Anda. Termasuk melakukan serangkaian tes & wawancara, serta mengelola hasil penilaian dari tes-tes tersebut.
Seleksi karyawan akan semakin mudah jika Anda menggunakan sistem ERP. Jadi, Anda tak perlu bingung dengan manajemen data karyawan baru beserta proses rekrutmennya, karena semuanya bisa dicatatkan di sistem.
Database
Pengelolaan karyawan berikutnya adalah mengumpulkan database karyawan perusahaan Anda. Data utama seperti informasi umum, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, informasi cuti, dan lainnya bisa Anda kelola dengan lebih mudah menggunakan sistem. Jadi, tidak perlu mencari-cari lagi data karyawan di saat Anda memerlukannya.
Kinerja Karyawan
Berikutnya adalah performa karyawan. Idealnya, tim Anda dapat membuat rencana kerja, serta bisa memasukkan data laporan kerja harian (daily report) agar Anda dapat memantau kinerja karyawan Anda secara realtime. Termasuk pula absensi harian, sehingga Anda dapat memantau kedisiplinan karyawan Anda.
Hal ini dapat diwujudkan bila Anda memakai sistem ERP yang tepat, sehingga karyawan Anda bisa lebih termotivasi dalam bekerja karena adanya laporan kerja yang harus dipertanggungjawabkan oleh tiap.
Payroll
Yang tak kalah penting, payroll atau penggajian merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan yang ingin memberikan hak karyawan secara cermat. Anda dapat mengelola detail penggajian sesuai dengan kebijakan serta performa tiap karyawan. Jadi, tidak ada lagi cerita salah transfer gaji, karena perhitungan gaji yang tidak sesuai.
Nah, bila ingin bisnis Anda lebih maju, kini saatnya Anda beralih ke sistem digital untuk mengelola SDM yang ada di perusahaan Anda. Pilih ERP yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk travel, Anda tak perlu lagi membeli aplikasi Human Resources (HR) terpisah jika Anda sudah menggunakan sistem digital Erahajj.
Ya, Erahajj menyediakan fitur Manajemen SDM yang bisa memudahkan Anda dalam mengelola SDM yang ada di travel umrah Anda. Anda dapat melengkapi database karyawan, monitoring performa, hingga mengelola data payroll secara detail dengan satu sistem saja. Mudah, bukan?
Apabila Anda tertarik mencobanya, segera hubungi tim CS Erahajj untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan aktivasi sistemnya. Selamat mencoba!