Di penghujung Desember 2023, pemerintah resmi mengubah e-KTP dengan Identitas Kependudukan Digital (IKD). IKD merupakan dokumen kependudukan dalam aplikasi digital yang bisa diakses melalui smartphone.
Masyarakat dapat melakukan aktivasi IKD di Dukcapil, dengan membawa persyaratan seperti e-KTP, email, nomor ponsel aktif dan smartphone untuk download aplikasi IKD di Play Store & App Store.
IKD mempunyai keunggulan dibandingkan dengan e-KTP antara lain adanya integrasi data seperti BPJS, NPWP, kartu vaksin, serta DPT Pemilu. Selain itu, IKD bisa mempermudah pelayanan publik, karena masyarakat tak perlu lagi memfotokopi KTP. Nantinya, untuk mengurus layanan publik, Anda cukup menunjukkan QR Code pada aplikasi IKD.
Lalu, bagaimana cara aktivasi IKD?
Mengurus IKD ternyata cukup mudah. Anda hanya perlu datang ke Dukcapil dengan membawa persyaratan yang diperlukan. Lalu, ikuti langkah berikut untuk proses aktivasinya, yang akan dipandu oleh petugas Dukcapil.
- Unduh aplikasi IKD di Play Store/App Store
- Login dengan memasukkan NIK, email & nomor ponsel, lalu tekan tombol verifikasi data
- Verifikasi wajah dengan memilih menu ambil foto
- Scan QR Code yang ada pada Dukcapil
- Buka akun email yang terdaftar, lalu periksa kode aktivasi
- Masukkan kode aktivasi & captcha pada aplikasi IKD
- IKD Anda sudah aktif
Transformasi e-KTP menjadi IKD adalah terobosan untuk memaksimalkan pelayanan publik secara digital. Anda tak perlu lagi membawa e-KTP maupun fotokopi KTP lagi, sehingga menghemat anggaran untuk proses cetak e-KTP. IKD juga dinilai lebih praktis karena tinggal dibuka di smartphone saja.
Namun, karena penerapan IKD masih bertahap, Anda masih perlu membawa e-KTP jika sewaktu-waktu diperlukan. Upaya pemanfaatan digitalisasi untuk identitas kependudukan ini patut diacungi jempol karena pemerintah sigap beradaptasi dengan kemajuan teknologi.
Nah, kalau KTP saja sudah beralih ke digital, giliran bisnis Anda yang juga beradaptasi digital dengan memakai sistem digital yang tepat. Segera beralih ke sistem digital travel Erahajj untuk mempermudah Anda dalam manajemen database, transaksi, pembayaran, keuangan, inventory, HR, & CRM.
Dengan menggunakan sistem terintegrasi, bisnis Anda akan lebih mudah bersaing dengan para kompetitor Anda, karena dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman. Yuk, segera aktivasi sistem Erahajj untuk kemajuan bisnis travel Anda!