Transformasi digital terbukti membawa perubahan positif bagi bisnis. Dilansir oleh techinasia.id PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) menjadi brand yang paling bernilai di Asia Tenggara pada 2023.
Brand BCA mencapai nilai $23 miliar atau setara dengan Rp356 triliun. BCA dapat mencapai hal ini karena perusahaannya berinisiatif untuk bertransformasi digital, mulai dari mobile banking dan layanan digital lainnya.
Berdasarkan laporan dari Kantar, sebuah perusahaan konsultasi & data global, BCA merupakan satu-satunya merek Asia Tenggara yang berhasil masuk ke jajaran brand paling bernilai di seluruh dunia. BCA menduduki posisi ke-74 dari 100 merek paling bernilai.
Angka yang diraih BCA melampaui merek-merek lainnya seperti BRI, DBS, dan UOB. Meskipun brand global mengalami penurunan sebesar 20% secara keseluruhan dibandingkan tahun 2022, namun BCA masih mengalami pertumbuhan tahunan. Hal ini cukup menggembirakan, karena BCA masih bisa mencapai pertumbuhan sebesar 12%.
Meski secara ekuitas brand menjadi paling bernilai, namun laba yang diperoleh BCA lebih rendah. BCA menjadi unggul dalam brand karena kemampuannya dalam menciptakan permintaan dan mempengaruhi pilihan konsumen. BCA bertransformasi digital dalam layanan mobile banking dan e-walletnya, sehingga minat pelanggan untuk bertransaksi pun meningkat.
Belajar dari BCA, setiap bisnis bisa mengembangkan brand-nya menjadi lebih bernilai dengan memanfaatkan teknologi untuk transformasi digital. Di era serba digital ini, fokus mengembangkan usaha ke arah digitalisasi guna meningkatkan kepercayaan pelanggan. Konsumen juga sudah semakin melek digital, sehingga jika perusahaan tak mampu melayani kebutuhan pelanggan maka akan disalip oleh kompetitor yang memahami peluang dibalik digitalisasi ini.
Itulah mengapa, setiap bisnis|perusahaan) harus mulai transformasi digital. Contohnya adalah bisnis travel yang bisa memulai adaptasi digital dengan cara menggunakan sistem digital untuk travel umrah dan haji. Anda bisa memanfaatkan sistem digital terintegrasi untuk mengakselerasi perusahaan Anda agar tidak tertinggal dari kompetitor-kompetitor Anda.
Segera berpindah ke sistem digital terintegrasi untuk perubahan nyata menjawab tantangan di era global ini. Aktifkan sistem Erahajj Erahajj untuk mendukung langkah perubahan Anda dari cara konvensional menuju transformasi digital bisnis travel umrah!