Setiap pebisnis mempunyai formula untuk menjadikan bisnisnya semakin berkembang & sukses. Begitu juga pada bisnis travel umrah. Anda bisa membuat usaha Anda menjadi sukses dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan empati kepada jamaah atau pelanggan Anda.
Sebelum membuat sebuah produk atau layanan, kita harus dapat menempatkan diri menjadi pelanggan, untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen kita. Cobalah untuk berdiri di atas “sepatu” pelanggan, maka Anda akan menemukan berbagai celah yang dapat Anda isi agar dapat menghadirkan solusi bagi permasalahan pelanggan Anda.
Bagaimana empati bisa menjadi titik awal kesuksesan bisnis Anda? Yuk, simak lebih lengkapnya dalam artikel berikut ini!
Pertama, lihat dari sudut pandang konsumen. Sebagai pengusaha biasanya kita hanya memandang dari sudut pandang bisnis saja. Bagaimana menghasilkan profit yang lebih banyak dengan modal yang sedikit. Padahal, bila kita mau merasakan sejenak bagaimana bila kita berada di sisi pelanggan, kita akan memiliki jauh lebih banyak referensi agar dapat menghadirkan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan kita.
Misalnya di travel umrah, Anda dapat menempatkan diri menjadi jamaah umrah yang ingin beribadah dengan tenang dan khusyu. Pastinya, Anda ingin pengurusan administrasi bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala. Barang perlengkapan diberikan sesuai dengan kebutuhan, serta mendapatkan muthawwif yang berpengalaman.
Hal ini lebih mudah diwujudkan jika bisnis Anda telah didukung dengan teknologi yang maju, sehingga pelayanan administrasi dapat lebih mudah dan cepat. Penyerahan perlengkapan pun tertata dengan baik, sehingga pelanggan Anda tak takut tidak kebagian perlengkapan maupun kendala teknis lainnya.
Kedua, empati menumbuhkan totalitas. Anda yang dapat berempati kepada pelanggan Anda tentu akan lebih total dalam menghadirkan pelayanan. Anda sendiri sebagai pelanggan tentu ingin dilayani dengan sepenuh hati tanpa membeda-bedakan customer. Jika terlayani dengan baik, pelanggan akan merasa nyaman beribadah umrah dengan travel Anda dan akan menghasilkan repeat order karena pelanggan merasa puas. Mereka akan merekomendasikan usaha Anda pada calon pelanggan lain dengan senang hati berkat totalitas pelayanan yang Anda berikan.
Ketiga, menciptakan formula paling pas. Saat membuat paket umrah, Anda tentu mempertimbangkan berbagai hal, sehingga Anda dapat menghadirkan pelayanan yang sesuai dengan apa yang pelanggan butuhkan. Anda juga bisa membuat harga yang pantas bagi jamaah, memastikan apa yang mereka terima sesuai dengan apa yang mereka bayarkan. Tanpa empati kepada jamaah, maka bisnis Anda mungkin hanya berorientasi kepada profit tanpa mempertimbangkan hak-hak pelanggan Anda.
Demikian tips agar bisnis Anda semakin berkembang dan sukses dengan mengedepankan empati kepada pelanggan-pelanggan Anda. Jika ingin bisnis Anda lebih maju, jangan ragu untuk memakai Erahajj yang bisa membuat manajemen bisnis Anda menjadi lebih rapi. Anda pun dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi jamaah Anda! Selamat mencoba!