Berbicara masalah penjualan, tentunya berkaitan dengan pelanggan yang akan membeli jasa atau produk kita kita. Ketika kita berusaha menciptakan produk yang dibutuhkan oleh pelanggan, pastinya kita harus mau meluangkan sedikit waktu untuk mendengarkan apa kata konsumen. Ketika pelanggan mengungkapkan kebutuhan dan keinginannya, kita memiliki peluang untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Oleh karena itu sangat penting bagian penjualan atau tim sales and marketing menyediakan waktu bagi para customer-nya untuk menggali kebutuhan mereka. Misalnya saja di bisnis travel umrah yang Anda kelola, Anda dapat melakukan follow up rutin kepada pelanggan Anda yang sedang menunggu tanggal keberangkatan. Anda juga bisa melakukan follow up kepada prospek yang telah Anda dapatkan leads-nya, sehingga Anda bisa menjual paket umrah yang tepat bagi mereka.
Jangan menganggap sepele aktivitas mendengarkan pelanggan ini. Meski tampak buang-buang waktu, kita bisa mendengar pelanggan, kemudian memposisikan diri kita sebagai jamaah. Kita akan semakin mengerti apa yang diinginkan oleh jamaah kita, sehingga dalam membuat paket atau pelayanan umrah & haji, kita bisa membuat paket yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan jamaah sekarang ini.
Jadi, kita benar-benar bisa merasakan dari “sepatu” jamaah sendiri, bukan hanya berasumsi bahwa kita sudah melakukan pelayanan yang paling baik bagi jamaah kita. Salah satu tips agar kita bisa mencatat apa yang dimaksud pelanggan kita adalah dengan menggunakan fitur Customer Relationship Management atau CRM. Ketika data tentang obrolan kita dengan pelanggan terekam dengan baik, maka kita dapat dengan mudah melakukan evaluasi, serta follow up lebih lanjut.
Untungnya, sekarang ini ada sistem manajemen travel umrah seperti Erahajj yang sudah dilengkapi dengan fitur CRM. Anda dapat membuat catatan yang detail kapan Anda melakukan follow up kepada jamaah maupun prospek Anda. Anda juga bisa mendelegasikan dengan mudah prospek tersebut kepada tim lainnya, sehingga jika ada tim yang belum bisa follow up lagi, tim lainnya bisa dengan mudah melakukan follow up. Dengan demikian, Anda tidak akan kehilangan prospek yang potensial, serta bisa menghasilkan lebih banyak sales.
Untuk jamaah sendiri, Anda juga dapat melakukan follow up secara berkala. Bersilaturahmi memang bisa membuka rezeki. Dengan aktif mengobrol dengan jamaah Anda, Anda akan lebih dekat dengan jamaah, serta bisa menggali lebih dalam lagi kebutuhan jamaah Anda. Hasilnya, Anda akan lebih mudah dalam melakukan inovasi terkait dengan pelayanan jamaah ketika berada di tanah suci. Anda juga bisa membuat paket yang lebih menjual, berkat masukan-masukan dari jamaah Anda.
Itulah tips laris jualan dengan cara mendengarkan “suara pelanggan” Anda. Apabila Anda ingin memaksimalkan penjualan Anda, dapat dicoba ya cara-cara di atas. Jangan lupa untuk mempererat hubungan Anda dengan pelanggan dengan memakai fitur CRM dari Erahajj. Erahajj mendukung bisnis travel Anda lebih berkembang dengan fitur yang lengkap dan terintegrasi.
Segera aktifkan sistem Erahajj untuk bantu meningkatkan penjualan di travel umrah Anda!