Bagi Anda yang berbisnis travel umrah, pastinya ingin menaikkan penjualan Anda supaya usaha Anda kian berkembang. Alih-alih mengadopsi strategi marketing yang tepat, Anda justru menjual secara asal-asalan sehingga jualannya sekadar berjualan tanpa ada tujuan yang jelas.
Ini sering terjadi pada bisnis yang tak menerapkan konsep pembelajaran pada setiap proses bisnisnya. Idealnya, setiap tim terutama tim marketing harus meng-upgrade ilmu jualannya agar ketika menjalankan aksinya untuk menjual paket umrah mereka memahami apa yang mereka kerjakan dengan baik. Kuncinya ada pada pola pikir yang ada pada tim tersebut.
Sebagai contoh, dalam customer journey atau marketing funnel ada lima tahapan yang harus dilalui agar proses marketing berjalan dan berubah menjadi sistem yang berkelanjutan. Perjalanan dalam closing customer baru sampai jadi loyal customer harus dijalankan dengan cermat supaya pada akhirnya proses marketingnya dapat berjalan secara otomatis.
Oleh karena itu, penting untuk memahami & mempelajari 5 tahapan marketing funnel berikut ini, supaya jualan paket umrah di bisnis Anda tidak jalan ditempat. Bagaimana, siap untuk mengubah cara jualan Anda? Yuk kita simak tips selengkapnya dalam artikel berikut ini!
Lima Tahapan Marketing Funnel untuk Menaikkan Penjualan
- Awareness (Perkenalan)
Pada tahap pertama ini, anggaplah calon pelanggan belum mengenal brand Anda. Fokus untuk memperkenalkan brand yang Anda punya, nilai apa yang dapat Anda berikan kepada mereka, sehingga pelanggan harus membeli produk dari perusahaan Anda.
Iklan yang Anda sampaikan tidak untuk membuat mereka membeli, apalagi memaksa mereka membeli. Goal-nya adalah calon pelanggan mengenal brand Anda dengan baik, sehingga ketika mereka menginginkan produk yang Anda jual mereka akan teringat dengan brand Anda.
Pada tahapan ini, tidak perlu memberikan diskon kepada pelanggan yang baru akan membeli produk Anda karena yang terpenting adalah membuat brand Anda melekat di benak calon pelanggan Anda.
- Consideration (Mulai Tertarik)
Jamaah Anda mulai mengenal & mulai tertarik dengan bisnis Anda. Ini ditandai dengan mereka rajin bertanya kepada Customer Support Anda untuk meyakinkan diri mereka apakah ingin membeli produk yang Anda jual.
Sebagai travel umrah, berfokuslah untuk memberikan edukasi ke jamaah Anda apa benefit yang bisa mereka dapatkan apabila memilih bisnis Anda sebagai partner untuk beribadah umrah.
- Conversion (Konversi)
Jamaah yang sudah mendapat informasi yang cukup, akan membeli produk di bisnis Anda. Tugas tim Anda adalah mempertahankan pelayanan supaya tetap prima, sehingga Anda bisa menjaga kualitas yang Anda punya. Layanan purna jual yang baik akan membuat jamaah Anda merasa nyaman dan merasa tidak salah pilih.
Berikan pengalaman pengguna yang baik, sehingga jamaah memiliki pengalaman umrah yang lancar, aman & nyaman bersama travel Anda. Hal ini akan membuat mereka tak segan memberikan testimoni yang baik untuk bahan marketing Anda selanjutnya.
- Loyalty (Loyalitas)
Pelanggan yang telah memiliki pengalaman yang baik dengan perusahaan Anda tentu akan mengingat Anda kapanpun mereka ingin berumrah lagi. Mereka juga akan melakukan pembelian ulang, apabila ada kerabat atau rekan yang ingin berumrah.
Jaga kesetiaan jamaah dengan memberikan benefit-benefit khusus jika mereka ingin menggunakan jasa travel umrah Anda lagi. Tawarkan juga keuntungan apabila mereka mau menjadi pelanggan setia di travel umrah Anda.
- Advocacy (Rekomendasi dari Customer)
Puncak dari seluruh kegiatan marketing yang telah Anda jalankan di atas adalah pelanggan Anda mau memberikan rekomendasi kepada calon pelanggan yang lain untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Bahkan mereka mau melakukannya dengan sukarela, sehingga Anda dapat menjual dengan lebih cepat dan tersistem.
Bila Anda berhasil melewati tahap terakhir ini, akan sangat memudahkan tim marketing Anda untuk mencapai target sales. Anda pun bisa berfokus untuk mempertahankan reputasi yang sudah Anda bangun sehingga bisnis Anda makin terpercaya.
Nah, itulah beberapa cara yang dapat kami berikan untuk Anda agar aktivitas marketing di travel Anda tidak hanya sekadar berjualan. Fokus untuk membangun kepercayaan terhadap brand Anda, selalu berikan value atau nilai lebih kepada jamaah, dan tingkatkan pelayanan di bisnis Anda dengan menghadirkan yang terbaik bagi pelanggan Anda.
Bagi Anda yang ingin memperkuat marketing di travel Anda, cobalah dengan mulai transformasi digital untuk bisnis travel Anda. Bisnis yang sudah terdigitalisasi, akan lebih mudah dan cepat untuk berkembang karena dapat bersaing untuk memenuhi permintaan pasar. Apabila Anda masih bertahan dengan cara manual, banyak waktu dan kesempatan yang akan terbuang sehingga bisnis travel Anda pun akan jalan di tempat.
Segera berlangganan sistem manajemen travel umrah terlengkap dan terintegrasi Erahajj untuk membantu bisnis Anda naik kelas!