Tiap bisnis pasti memiliki cara untuk meningkatkan penjualan produknya. Bisa dengan menjalankan berbagai strategi pemasaran, atau dengan mendesain produk yang diunggulkan. Apabila Anda memilih yang kedua, maka Anda bisa menciptakan Halo Effect untuk leverage keseluruhan produk yang Anda miliki.
Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan Halo Effect? Bagaimana Halo Effect bisa menjadi pendongkrak untuk penjualan bisnis Anda? Yuk, simak penjelasannya pada artikel berikut ini.
Mengenal Halo Effect
Halo Effect merupakan bias kognitif yang terjadi ketika kesan positif awal berpengaruh pada penilaian secara keseluruhan. Biasanya, Halo Effect ini terjadi kala wawancara kerja, penilaian atasan saat di tempat kerja, hingga kesan ketika pertama kali bertemu seseorang.
Teori yang ditemukan oleh Edward L. Thorndike ini memberikan dampak yang signifikan terutama pada tingkat penerimaan kandidat yang telah melakukan wawancara kerja. Namun, tak terbatas pada dunia kerja saja. Halo Effect juga dapat kita implementasikan di dunia marketing bisnis.
Contoh Halo Effect pada Bisnis
Salah satu contoh yang paling terkenal dalam penerapan Halo Effect di dunia bisnis adalah perusahaan Apple saat menjual produk Ipod. Pada tahun 2005, penjualan Apple Computer naik 68%, keuntungan naik 384% dan saham Apple naik 177%.
Hal tersebut diduga merupakan Halo Effect yang ditimbulkan oleh Ipod, sehingga Ipod menjadi produk andalan Apple. Ketenaran Ipod mendongkrak penjualan berbagai produk Apple yang lain, sampai profit dan saham Apple juga ikut naik.
Menarik sekali, bukan?
Kuncinya adalah pada produk andalan yang dapat mendongkrak sales di perusahaan tersebut. Produk lain akan lebih mudah terjual setelah ada satu produk yang berhasil memberikan Halo Effect. Lalu, bagaimana penerapannya di bisnis Anda?
Penerapan Halo Effect Pada Bisnis Travel
Sebenarnya, bisnis travel umrah mempunyai produk yang bisa dikatakan akan selalu ramai peminat. Apalagi sekarang ini minat masyarakat sangat tinggi terhadap ibadah umrah, sehingga lebih mudah untuk memberikan edukasi terkait nilai dari produk unggulan Anda.
Anda bisa membuat paket-paket umrah yang mempunyai keunikan serta kelebihan dari paket umrah pada umumnya yang ditawarkan oleh kompetitor. Tidak harus paket yang berharga murah|murah, lho!). Paket umrah exclusive yang dibanderol dengan harga tinggi pun dapat menarik pasar tertentu. Anda dapat melakukan percobaan, paket apa sekiranya yang paling menarik minat pelanggan.
Setelah menentukan produk unggulan Anda, curahkan segala energi, waktu, tenaga & biaya untuk membuat produk Anda memiliki kualitas yang sesuai dengan kebutuhan jamaah. Upayakan agar produk Anda bisa dikenal oleh calon jamaah, sehingga mereka akan tertarik membeli, sekaligus bisa membuat bisnis Anda lebih terkenal.
Dengan demikian, produk Anda lainnya juga dapat dilirik oleh konsumen. Mungkin, paket tersebut kurang sesuai dengan selera konsumen, maka mereka bisa membeli paket lain yang Anda tawarkan. Tinggal Anda yang harus jeli & dapat membuat konsumen Anda yakin dengan produk yang Anda jual.
Itulah beberapa tips untuk memanfaatkan Halo Effect bagi perkembangan bisnis Anda. Semoga bisa diterapkan & penjualan Anda semakin tinggi! Jangan lupa untuk berlangganan sistem manajemen travel umrah yang profesional seperti Erahajj! Anda dapat memaksimalkan bisnis Anda dengan dukungan teknologi terkini supaa tak ketinggalan dari kompetitor Anda!