Siapa sangka, persaingan bisnis travel umrah & haji tidak hanya dengan sesama travel umrah saja, melainkan dengan jamaah atau pelanggan sendiri. Ya, sekarang ini marak jamaah yang menggunakan informasi dari social media untuk melaksanakan umrah secara mandiri atau sering disebut umrah backpacker.
Umrah mandiri diklaim lebih fleksibel, lebih mudah serta lebih murah. Apalagi jika jamaah telah terbiasa melakukan perjalanan atau traveling ke berbagai negara, tentu pengetahuan bagaimana mengurus tiket, visa, akomodasi atau hotel, makanan dan handling bandara telah dikuasai. Ada pula yang join grup-grup umrah mandiri, sehingga mereka bisa bertukar informasi seputar umrah mandiri secara detail serta akurat.
Namun, ditengah-tengah gempuran trend umrah mandiri, travel umrah tak perlu risau untuk mengembangkan bisnisnya. Apalagi yang baru mulai bisnis, harus bisa beradaptasi serta berinovasi agar bisa bersaing bukan hanya dengan bisnis travel yang telah lama berdiri namun juga dengan trend umrah backpacker.
Kuncinya adalah pada inovasi dan mau menggandeng digitalisasi. Apabila para jamaah umrah mandiri bisa mengakses informasi dengan mudah sehingga dapat mengatur jadwal umrahnya secara fleksibel, maka Anda juga bisa memberikan kemudahan yang sama. Selain itu, ada beberapa tips yang akan Erahajj berikan agar travel umrah dan haji bisa memajukan bisnisnya.
- Hadir Secara Online & Mudah Dihubungi Jamaah
Sekarang semua lebih mudah dikerjakan secara online. Begitu pula dengan bisnis travel Anda, harus senantiasa hadir bukan hanya di kantor offline atau fisik, namun juga kantor online.
Jangan sampai website perusahaan Anda tak terurus, apalagi update-nya sudah bertahun-tahun lalu. Bahkan, ada pebisnis travel konvensional yang belum memiliki website! Padahal, sekarang ini eranya sudah serba pakai sistem. Bukan hanya website biasa, namun juga website yang didukung sistem travel umrah terkini supaya lebih mudah manajemen operasional bisnis Anda.
Kami merekomendasikan sistem Erahajj untuk memudahkan pengelolaan bisnis travel umrah Anda, sekaligus tampilan website profesional yang dapat menumbuhkan kepercayaan bagi calon pelanggan.
- Berikan Jadwal Pemberangkatan yang Pasti
Kemudahan umrah mandiri yang membuat jamaah ingin melaksanakan umrah secara mandiri adalah jadwal pemberangkatan yang fleksibel. Apabila travel Anda tidak memberikan jadwal pemberangkatan yang pasti, tentu akan membuat bingung calon jamaah yang ingin melaksanakan umrah sesuai jadwal yang mereka punya.
Sangat penting bagi travel umrah & haji untuk membuat paket umrah dengan jadwal pemberangkatan pasti (tidak berubah–ubah), sehingga jamaah juga tidak bingung menentukan jadwal mereka. Hal ini dapat Anda terapkan dengan membuat display yang jelas di website Anda mengenai jadwal pemberangkatan umrah.
- Permudah Transaksi & Pembayaran
Zaman digital ini, bertransaksi lebih mudah secara digital juga. Begitu juga pembayaran, jamaah sudah tak mau ribet lagi bawa uang tunai maupun setor tunai ke bank.
Alhamdulillah, di Erahajj Anda dapat gunakan metode pembayaran Virtual Account (VA) sehingga memudahkan jamaah dalam bertransaksi & pembayaran. Tak perlu lagi membawa uang tunai & bisa bayar kapan saja di mana saja tanpa harus konfirmasi pembayaran.
- Berikan Penawaran Menarik Pada Paket Umrah
Anda juga isa berinovasi pada pembuatan paket umrah yang lebih menarik, dengan harga spesial atau fasilitas tambahan yang menarik bagi jamaah. Pemberian bonus ini bisa meningkatkan minat jamaah berumrah dengan travel Anda.
- Kuasai Social Media untuk Memperluas Jangkauan Jamaah
Umrah mandiri digaungkan oleh influencer di social media. Maka jangan anti terhadap social media, melainkan gunakan secara maksimal untuk marketing produk Anda. Kuasai market yang Anda bidik, sehingga Anda bisa lebih tepat dalam memperluas jangkauan jamaah yang menjadi target pasar bisnis Anda.
- Mengakomodir Kebutuhan Pelanggan
Kelebihan dari umrah bersama travel adalah kemudahan mengurus segala sesuatunya dibantu oleh travel. Hal inilah yang membuat jamaah bersedia membayar lebih. Dengarkan suara pelanggan, maka Anda dapat mengakomodir kebutuhan pelanggan secara detail, sehingga mereka juga akan merasa puas beribadah umrah bersama travel Anda.
- Evaluasi Pelayanan Travel Secara Berkala
Cara untuk mengembangkan bisnis yang terakhir adalah dengan mengevaluasi pelayanan secara berkala. Anda bisa memberikan kuesioner kepada jamaah yang telah pulang ke tanah air untuk mengetahui pendapat mereka tentang pelayanan travel Anda.
Mungkin saja ada pelayanan dari tour leader, mutawwif, pihak handling, hotel, catering & sebagainya yang butuh ditingkatkan dan Anda dapat mengetahuinya langsung dari jamaah. Anda juga bisa membuat dan menyebarkan kuesioner melalui aplikasi Erahajj lho!
Nah, itulah 7 tips mengembangkan bisnis travel umrah di tengah gempuran umrah mandiri. Selalu ingat, bahwa peningkatan pelayanan kepada jamaah merupakan hal yang tak dapat ditawar lagi supaya dapat memenangkan persaingan. Jaga kepercayaan serta hadirkan kemudahan & harga bersaing (harga sesuai kualitas layanan) supaya jamaah tetap mempercayakan kepada bisnis Anda. Selamat mencoba!