Saat mempunyai usaha biro travel umrah, kepuasan pelanggan yaitu salah satu tujuan yang (ingin dicapai. Jamaah yang merasa puas dengan pelayanan atau produk yang kita jual akan mendapatkan feedback yang baik, contohnya mereka membuat testimoni, mengajak orang lain menggunakan jasa kita, atau melakukan repeat order.Tentunya, ini menjadi pertimbangan serius bagi pengusaha biro travel umrah, sehingga Anda dapat memprioritaskan kepuasan jamaah sebagai salah satu strategi marketing. Daripada Anda membuang waktu, uang dan tenaga untuk mengimplementasikan berbagai strategi pemasaran, alangkah baiknya Anda berfokus bagaimana meningkatkan kepuasan pelanggan Anda. Pasti strategi ini dampaknya tak bisa langsung dirasakan oleh perusahaan. Tapi, kepuasan pelanggan bisa menjadi salah satu perhitungan kinerja perusahaan, sehingga usaha biro travel umrah Anda menjadi lebih dipercaya oleh masyarakat.
Mulai dari yang Sederhana
Kita ambil contoh dari sisi pelayanan jamaah. Setiap pelanggan yang Anda berangkatkan umrah adalah orang yang unik. Anda harus memberikan perhatian khusus pada setiap jamaah. Banyaknya jamaah yang Anda handle dalam satu kloter, bukan jadi alasan untuk memberikan pelayanan yang prima pada tiap jamaah.Bahkan dengan banyaknya individu yang Anda layani, Anda bisa mengetahui berbagai macam karakter manusia. Ada yang orangnya simpel, ada yang biasa-biasa saja, ada juga yang ribet, suka komplain, dan dari semua itu pasti ada satu dua yang memerlukan perhatian khusus contohnya jamaah yang ada riwayat penyakit tertentu. Hal ini bisa menjadi ajang bagi travel untuk memberikan pelayanan yang adil bagi tiap jamaah. Adil bukan berarti sama rata. Adil yaitu memberikan porsi yang tepat bagi setiap orang sesuai dengan kebutuhan mereka. Tentu, pelayanan yang diberikan harus sesuai standar. Jika ada yang membutuhkan pelayanan lebih, silakan Anda gunakan kesempatan tersebut untuk mencapai kepuasan pelanggan.
Baca Juga : Bangun Trust, Berikan Pelayanan Terbaik untuk Jamaah Anda
Biarkan Produk/Jasa Anda yang Berbicara
Kualitas produk atau jasa yang Anda berikan untuk pelanggan sangat berdampak pada kepuasan mereka. Tingkatkan terus kualitas produk dan jasa Anda, sehingga pelanggan tak kecewa saat memutuskan untuk membelinya.Terkadang, kenaikan harga barang dan jasa yang Anda jual tidak berpengaruh terlalu besar pada penurunan pembelian, asalkan kualitasnya cocok dengan harganya. Mereka mungkin akan merasa kesal, namun apabila sudah cocok, pasti akan kembali untuk membeli lagi.Dalam usaha biro travel umrah, Anda bisa menerapkannya dari segi pelayanan yang lebih ramah, lebih cepat tanggap merespon pelanggan, kemudahan dalam pembayaran, perbaikan kualitas makanan, hotel dan transportasi, dan hal-hal lain yang bisa Anda kembangkan sendiri. Biarkan kualitas produk/jasa yang Anda berikan yang berbicara. Pelanggan yang merasa puas akan senang hati merekomendasikan kepada relasi mereka. Artinya, calon pelanggan Anda akan bertambah dan bisnis Anda akan semakin maju.
Baca Juga : Psikologi Marketing untuk Pemasaran Bisnis Travel Umrah
Kritik adalah Sumbangan yang Berguna untuk Usaha Travel Umrah Anda
Pemberi kritik adalah orang yang peduli terhadap bisnis Anda. Mereka yang mempunyai kritikan, mengharapkan pelayanan Anda lebih baik lagi. Sehingga kedepannya tidak ada lagi pelanggan yang merasa kecewa dengan pelayanan Anda. Pastinya, kritik yang membangun adalah sumbangan yang harus Anda tanggapi dengan perubahan positif bagi biro travel umrah Anda. Jika setelah dikritik Anda hanya bisa menanggapi dengan kata-kata yang buruk, maka Anda melewatkan kesempatan untuk membuat travel Anda berkembang menjadi lebih baik lagi.
Permudah Transaksi dengan Pelanggan
Percaya atau tidak, semua pelanggan menginginkan hal yang serba mudah. Termasuk ketika akan membeli paket umrah untuk mengakomodasi kebutuhan ibadah umrah mereka. Tidak ada jamaah yang mau mengalami kesulitan saat ingin mendaftar umrah, melakukan pembayaran umrah, mengurus kelengkapan dokumen, dan kesulitan-kesulitan lainnya yang bisa mereka dapatkan ketika beribadah umrah.Itulah mengapa, Anda harus menghadirkan semua kemudahan tersebut untuk jamaah Anda. Sebagai gantinya, mereka akan membayar jasa dari bisnis travel Anda dengan sejumlah uang, sehingga Anda maupun jamaah membentuk simbiosis mutualisme. Sama-sama untung.
Anda dapat membuat segalanya lebih mudah dengan menggunakan sistem aplikasi yang dirancang khusus untuk travel umrah seperti Erahajj. Anda tidak perlu repot lagi, karena semua jenis transaksi yang berkaitan dengan umrah dan haji bisa Anda atur dengan mudah, cepat, dan efisien.
Baca Juga : 5 Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Travel Umrah Pastikan jamaah Anda mendapatkan kemudahan tersebut sehingga kepuasan jamaah terhadap usaha biro travel umrah Anda semakin meningkat. Selamat mencoba!